Kolaborasi dengan WSL, MDL ID Jadi Liga Esports MLBB Pertama yang Mengikutsertakan Tim Ladies

post-title

JAKARTA, 16 FEBRUARI: MLBB Esports selalu mengusung inklusivitas dalam setiap turnamennya, baik itu di MDL, MPL, atau pun turnamen internasional seperti MSC dan juga M Series. Dalam rangka menegaskan hal ini, Mobile Legends: Bang Bang Development League Indonesia melakukan inisiasi dengan berkolaborasi dengan WSL, memberikan kesempatan kepada tim ladies dari liga tersebut untuk bertanding di MDL ID Season 10.

Menurut rencana, nantinya akan ada dua slot bagi tim ladies terkuat di Indonesia untuk ikut bertanding di dalam MDL ID Season 10 mendatang. Masing-masing tim akan dipilih dari ajang WSL Season 8 (1st champion) dan WSL Invitational 2024 (Indonesian-team top rank leaderboard). Jika Sang Juara WSL Season 8 berhasil menjadi Indonesian-Team Top Rank Leaderboard di WSLI 2024, maka tim Indonesia kedua tertinggi di Rank Leaderboard yang akan mendapatkan slot terakhir menuju ke MDL ID Season 10.

Mengusung kesetaraan gender yang terus menjadi perbincangan di Komunitas MLBB saat ini, bentuk kolaborasi ini menjawab pertanyaan "Apakah tim Ladies bisa bertanding bersama tim profesional laki-laki pada umumnya di dalam sebuah turnamen?"

20240216_114002
 

Menurut Public Relations Manager Moonton Esports Indonesia Azwin Nugraha, MDL Indonesia mengikutsertakan tim ladies sangat cocok dengan misi MDL yang mengusung tema esports for everyone dan menjadikan MDL sebagai tempat untuk terus berkembang.

"Turnamen MLBB Esports termasuk di antaranya MDL, MPL, MSC, M Series dan yang lainnya bukan lah turnamen khusus laki-laki. Sejak awal, MLBB Esports hadir dengan mengusung inklusivitas sehingga tidak terbatas bagi siapapun termasuk saudara kita yang memiliki kebutuhan khusus. Inklusivitas bukan hanya tentang kesetaraan gender, tapi artinya semua khalayak dapat berpartisipasi dan berkompetisi di level yang berbeda demi mewujudkan mimpi," ujar Azwin.

Head of Event WSL, Kresna Aurora menyambut baik inisiasi dari MDL Indonesia. Ia menyatakan bahwa kolaborasi ini juga menjadi solusi bagi player MLBB ladies yang kerap mendapatkan sedikit kesempatan untuk meningkatkan skill set atau kemampuan dan jiwa kompetitif.

"Ini akan menjadi langkah pertama untuk para player ladies agar bisa mendapatkan tantangan baru dan naik ke level selanjutnya. selain itu dengan masuknya tim WSL ke kancah MDL akan menjadi ajang pembuktian bahwa perempuan juga bisa berkompetisi secara setara dengan kaum pria dalam satu skena yang sama," ungkap Kresna.

IMG-20240216-WA0016
 

MDL Indonesia pada akhirnya berhasil menjadi liga resmi MLBB Indonesia pertama yang memberikan kesempatan untuk para tim ladies bertarung di turnamen resmi yang diselenggarakan oleh Moonton.

Kekuatan dari para tim MLBB Ladies di Indonesia tidak dapat dianggap remeh. Prestasi internasional seperti BTR era yang menjadi juara Mobile Legends: Bang Bang Women's Invitational 2022 dan juga tim MLBB asal Indonesia yang mengharumkan nama Tanah Air di ajang SEA Games Kamboja 2023, dengan meraih medali Emas.

Adithya Dewangga

Adithya is a writer, editor, and journalist that started his journey in esports industry media in 2019. A big fan of Souls Games, JRPG, and FGC, Adithya also dive deep into the keyboard and fightstick hobby rabbit hole.

icon Subscribe

to Our Newsletter